Labels

5.14.2013

Knit Stitch

Ada dua tusuk dasar dalam merajut, tusuk knit atau knit stitch dan tusuk purl atau purl stitch. Variasi dari kedua tusuk ini bisa membuat berbagai macam pola. Dalam pola knit disingkat k dan purl disingkat p.

Sebelumnya : Cast On

Knit stitch ( Continental Method)
Membuat knit stitch hampir seperti membuat cable cast on, hanya sedikit berbeda

Pegang jarum dengan CO serta benang  di tangan kiri (lihat gambar). Benang yang dililitkan di telunjuk adalah yarn ball , biarkan yarn end menggantung 

Pegang jarum lainnya (jarum psangannya ya!) di tangan kanan dan sisipkan ujung jarum kanan ke front loop tusuk pertama dari depan ke belakang. (tusuk pertama ditunjukkan dengan no 1)

Kait yarn ball menggunakan ujung jarum kanan 

Tarik benang yang dikaitkan tadi keluar

Dengan banuan ibu jari kiri dorong tusuk pertama ke atas hingga leps dari jarum

Dengan begitu, jumlah tusuk di jarum kiri akan berkurang 1, dan tusuk di jarum kanan bertambah 1.
Ulangi langkah-langkah di atas hingga semua tusuk telah "berpindah" ke jarum kanan.


Lanjutkan ke tusuk berikutnya seperti langkah-langkah sebelumnya
Lakukan hingga semua tusuk berpindah ke jarum kanan, ini artinya kita telah menyelesaikan baris pertama.  Untuk memulai baris berikutnya, pindahkan jarum yang ada rajutannya ke tangan kiri lagi

Pindahkan jarum dengan rajutan ke kiri dan ulangi proses dari awal. Lakukan hingga mendapatkan panjang yang diinginkan. 



Knit Stitch (English Method)

Pegang benang di tangan kanan, sisipkan ujung jarum kanan ke front loop pada tusuk di jarum kiri dari depan ke belakang (lihat gambar berikutnya)
Lingkarkan benang ke belakang kedua jarum

Lalu lingkarkan lagi ke depan ke antara kedua jarum a. Tampak samping, b. Tampak atas


















Kait keluar loop yang terbentuk

Dorong ke atas tusuk di jarum kiri hingga lepas dari jarum
Dengan begitu kita telah menyelesaikan 1 knit stitch

Ulangi cara di atas hingga semua tusuk di jarum kiri habis. Lanjutkan ke baris selanjutnya sama seperti Continental Method.
Pada dasarnya knitting adalah repetisi. Setelah satu baris selesai, semua tusuk akan berada di jarum kanan. Untuk memulai baris berikutnya jarum kanan dipindahkan ke tangan kiri kembali dan begitu seterusnya hingga kita mendapatkan panjang yang diinginkan.

Konon bagi pemula English Method lebih mudah untuk dipelajari. Tapi sekali lagi, everyone has their own preference, saran saya sih coba dua-duanya. Berlatihlah untuk mengontrol tension benang, karna ini nanti berpengaruh pada hasil rajutan. Kalau terlalu kencang, rajutan kita akan sulit bergerak di jarum dan ini bikin merajut jadi susahh. Tapi kalau terlalu longgar hasil rajutannya jadi tidak rapi.


Berikutnya : Purl Stitch

0 comments:

Post a Comment