Labels

5.13.2013

Cast On

Cast On merupakan tusuk dasar dalam merajut. Ada banyak cara melakukan CO, dsini kita akan belajar dua diantaranya. Jika dalam sebuah pola tidak disebutkan secara spesifik metode CO yang diperlukan, maka kita bebas menentukan sendiri metode yang kita suka.

Sebelumnya : Slip Knot


Setelah membuat slip knot, kita akan membuat tusuk dasar atau biasa disebut cast on. Dalam pola perintah cast on akan disingkat CO. Ada berbagi macam cara cast on, tergantung pola dan kebutuhan. Berikut ini adalah metode CO yang konon menjadi designer’s favorite, namanya Long Tail Cast On. Seperti namanya, kita harus menyisihkan yarn end yang cukup panjang (sekitar 3 tau 4 kali lipat dari panjang cast on kita).

Letakkan jarum di tangan kanan, lingkarkan yarn end  ke ibu jari seperti gambar
Lingkarkan telunjuk ke yarn ball. Gambar di atas adalah posisi tangan dari berbagai sudut. 
Setelah itu kaitkan jarum ke yarn end yang melingkar di ibu jari. Dari kiri ke kanan : tampak samping, tampak atas
Masih dalam keadaan yarn end terkait di jarum, kaitkan jarum ke yarn ball yang melingkar di telunjuk (gambar kiri) kemudian tarik ke celah yang terbentuk di ibu jari (gambar kanan)
Beginilah wujudnya setelah ditarik.

Setelah itu lepaskan ibu jari, tarik kedua benang dan posisikan jari seperti semula. Sekarang kita memiliki 2 tusuk di jarum.
Selanjutnya ulangi cara di atas hingga kita mendapatkan jumlah tusuk yang diperlukan



Ketika kita sudah mendapatkan jumlah tusuk yang diperlukan, CO kita selesai. Contoh disini adalah 20 tusuk.

tips : kalau saya akan CO dalam jumlah banyak dengan metode ini saya akan berkesperimen dulu untuk memastikan yarn end saya tidak habis di tengah jalan (dan tidak terlalu kepanjangan). Caranya yaitu dengan CO semisal 10 tusuk lalu ukur panjang benang yang diperlukan untuk CO 10 tusuk tersebut. Jadi jika saya akan CO 100 tusuk saya bisa mengira2 berapa panjang yang saya perlukan. Setelah itu tinggal ditambah sekitar 6” agar tidak teralu mepet.

Ada cara lain kalau kita malas mengira-ngira seberapa panjang yarn end , yaitu cable cast on. Cara ini juga sangat berguna ketika kita harus melakukan CO di tengah-tengah rajutan (dimana Long Tail CO tidak bisa dilakukan).  Begini caranya :

1. Buatlah Slip Knot

2.  Pegang jarum dengan slip knot di tangan kiri dan jarum satunya di tangan kanan. Masukkan ujung jarum kanan ke front loop pada slip knot 
3.  Kaitkan benang dan tarik kembali ke luar (benang yang digunakan dsini adalah yarn ball jadi biarkan yarn end menggantung)

4.  Setelah kita menarik keluar kita akan mendapatkan sebuah loop di jarum kanan
5.  Sisipkan loop tadi ke jarum kiri
Sekarang kita memiliki 2 tusuk di jarum

Jika yang pertama tadi melalui front loop makan yang sekarang kita akan menyisipkan jarum kanan DIANTARA kedua tusuk

6.  Sisipkan ujung jarum kanan di antara tusuk pertama dan kedua 

7.  Kaitkan jarum ke benang

8.  Tarik keluar benang yang terkait di jarum kanan

9.  Setelah itu kita akan mentransfer loop yang ada di jarum kanan ke jarum kiri

10. Pindahkan loop tadi ke jarum kiri.  Kini kita memiliki 3 tusuk di jarum
Ulangi langkah 6 - 10 hingga kita mendapatkan jumlah tusuk CO yang diinginkan. Pada mulanya mungkin akan terasa agak sulit, gunakan crochet hook untuk mengait benang. Buat loop yang agak longgar agar jarum tidak terlalu sulit disisipkan.


Berikutnya : Knit Stitch

0 comments:

Post a Comment